Latest News

Facebook Perketat Privasi dengan Mengidentifikasi Software

Facebook Perketat Privasi dengan Mengidentifikasi SoftwareFacebook memang sedang disorot terkait kebijakan privasi yang digelontorkannya. Beberapa waktu lalu, situs jejaring sosial itu telah memberikan perlindungan keamanan baru untuk mencegah login yang tidak sah.

Mulai saat ini pengguna diberikan pilihan untuk mendaftarkan perangkat yang mereka gunakan untuk mengakses Facebook, dan menerima pemberitahuan jika seseorang mencoba untuk masuk ke account mereka pada perangkat yang tidak dikenal. Facebook juga akan meminta orang untuk memverifikasi account mereka melalui 'pertanyaan rahasia' yang dihadirkan secara acak, jika situs tersebut mendeteksi adanya kecurangan.

Dengan pemberitahuan login, Facebook akan mengirimkan notifikasi, baik melalui e-mail atau pesan teks, ketika akun Facebook anda telah diakses pada komputer atau perangkat mobile yang tidak diketahui. Untuk mengaktifkan, pergi ke halaman Pengaturan Account, pilih Account Security, dan memilih untuk menerima notifikasi. Setelah aktif, Facebook akan mendaftarkan perangkat yang paling baru yang digunakan sebagai kses masuk ke account Facebook.

"Anda dapat menyimpan komputer di rumah, sekolah atau komputer kerja, bahkan ponsel," tulis teknisi Facebook Lev Popov dalam postingan di blognya, seperti dikutip oleh Yahoo News, Jumat (14/5/2010). "Setelah Anda melakukan ini, setiap kali seseorang log in ke account Anda dari perangkat yang tidak dalam daftar ini, kami akan meminta orang tersebut untuk menjawab beberapa pertanyaan guna membuktikan keaslian identitas pengakses," ujar Popov.

Facebook juga akan mengirimkan e-mail segera atau teks peringatan memberitahukan Anda tentang login baru, lengkap dengan petunjuk tentang cara mengatur ulang sandi Anda, jika diperlukan. Pertanyaan yang dimaksud termasuk meminta Anda untuk memberikan tanggal lahir Anda, mengidentifikasi foto teman Facebook, atau mengajukan pertanyaan keamanan yang telah disediakan. (srn)

Tidak ada komentar: