Latest News

Zynga Vs Facebook - Akankah Zynga meninggalkan Facebook?

Zynga Vs Facebook - Akankah Zynga meninggalkan Facebook?Zynga, pengembang game terbesar di Facebook dikabarkan tengah bersiap memindahkan semua gamenya dari Facebook ke layanan yang disebut Zynga Live.

zynga game farmville on facebook

Zynga bahkan telah mengambil ancang-ancang dengan meluncurkan situs farmville.com. Hal ini nampaknya merupakan salah satu upaya untuk mengakhiri ketergantungan Zynga terhadap Facebook. Hingga saat ini Zynga masih rentan terhadap aturan yang dikeluarkan Facebook.

Terakhir Facebook mewajibkan penggunaan "mata uang" Facebook Credit sebagai satu-satunya alat pembayaran untuk Zynga dan pengembang aplikasi lainnya. Facebook juga mematok fee sebesar 30 % untuk setiap transaksi yang menggunakan Facebook Credit.

Dikutip dari techcrunch, hubungan antara Zynga dan Facebook kini semakin memanas. Facebook berusaha agar Zynga bersedia menandatangani kesepakatan jangka panjang dimana Zynga tetap bertahan di Facebook. Selama proses negoisasi, Facebook terkesan memaksa Zynga agar bersedia mendandatangani kesepakatan.

Selain mengancam untuk menutup semua game Zynga, Facebook sebelumnya sempat mematikan notifikasi untuk Farmville dan game lainnya.

Bagi sebagian pengguna Facebook, game populer Zynga seperti Farmville, Poker dan Mafia Wars sudah merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari Facebook. Desember tahun lalu, game Farmville di Facebook mencatatkan lebih dari 69 juta pengguna.

Beberapa analis mengatakan, Farmville mampu memikat jutaan pengguna karena dapat dimainkan di Facebook. Game ini cukup adiktif sehingga pengguna akan tetap memainkannya meskipun Zynga berpisah dengan Facebook. Namun apakah Farmville akan tetap semenarik sekarang? (jn)

3 komentar:

Kharianto mengatakan...

Kalo gk ada Zynga pasti Fb jd sepi....

KlikDana mengatakan...

iya mas,, pasti resikonya facebook bakal sepi,, atau yg maen game Zynga jg bakal sepi...

SutantoAhmad mengatakan...

hualah.. mgkn yg punya fb pengin untung yg lebih kalee y??? kemaren katanya ada fb gold dimana penggunanya harus membayar sekian dolar buat OL, sekarang masalah ma Zynga.. padahal q OL B juga cuma buat main MaFia WARS, klo zynga ga di fb lagi, apa kata dunia??