Latest News

Gerakan Nasional Internet Sehat dan Aman (Gema Insan)

Gerakan Nasional Internet Sehat dan Aman (Gema Insan)Menkominfo Tifatul S. kemarin pagi (25/10/10) telah membuka secara resmi Rapat Koordinasi Nasional Kementerian (Rakornas) Kominfo 2010, yang bertema "Gerakan Nasional Internet Sehat & Aman (Gema Insan)".

Sambutan pembukaan tersebut juga dirangkai dengan sejumlah sambutan penting lainnya (key note speech) yang disampaikan oleh Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Linda Agum Gumelar dengan topik "Peran Pendampingan Keluarga Dalam Pemanfaatan Internet Sehat dan Aman", Sekjen Kementerian Agama Bahrul Hayat (mewakili Menteri Agama) dengan topik "Pentingnya Nilai-Nilai Agama Dalam Mendukung Internet Sehat dan Aman", Staf Ahli Menteri Pendidikan Nasional Bidang Kerjasama Hubungan Internasional Herwindo (mewakili Menteri Pendidikan Nasional) dengan topik "Peran Pendidikan Nasional Dalam Mengembangkan Budaya Internet Sehat dan Aman", dan Ketua PP Muslimat NU Khofifah Indar Parawansa dengan topik "Peran Internet Sehat dan Aman Dalam Membentuk Akhlak Generasi Muda Bangsa".

Dalam sambutannya dengan topik "Gerakan Nasional Internet Sehat dan Aman Dalam Membangun Karakter dan Budaya Bangsa", Menteri Kominfo mengatakan, bahwa pembangunan bangsa melalui penyediaan akses informasi, dan pendayagunaan teknologi informasi bagi seluruh masyarakat yang juga berfungsi sebagai pembentuk karakter bangsa perlu diimbangi dengan upaya penyediaan kuantitas konten yang berkualitas, peningkatan etika berinternet yang sehat dan aman dalam meminimalisir dampak negatif. Lebih lanjut Menteri Kominfo mengatakan, bahwa berdasarkan statistik, saat ini pengguna internet telah mencapai 1,9 miliar pengguna yang merupakan 28% dari penduduk dunia.

Menurutnya, di Indonesia sendiri, pengguna internet baik sambungan tetap maupun mobile mencapai 45 juta orang, dan 64% diantaranya berusia antara 15-19 tahun, dimana beberapa orang menyebut generasi ini adalah NETIZEN, generasi yang lahir setelah tahun 90-an. Mereka ini, menurut Menteri Kominfo, adalah generasi yang ketika lahir sudah mengenal keyboard dan monitor atau generasi yang sudah akrab dengan pemanfaatan TIK, termasuk internet. "Dengan semakin meluasnya pemanfaatan TIK di berbagai sektor kehidupan masyarakat telah menyebabkan terbukanya peluang bagi penyalahgunaan TIK yang lebih dikenal dengan istilah kejahatan dunia maya atau cybercrime," kata Menteri Kominfo Tifatul Sembiring.

Rakornas Kominfo 2010 tersebut berlangsung pada tanggal 25 dan 26 Oktober 2010 dan dihadiri oleh sekitar 600 peserta yang terdiri dari unsur-unsur pejabat Kementerian Kominfo (baik pusat maupun daerah/unit pelaksana teknis), Pemda (Dinas/Badan Infokom Provinsi, Kabupaten dan Kota), para pimpinan penyelenggara pos, telekomunikasi, penyiaran dan ICT serta asosiasi yang terkait, kalangan perguruan tinggi, pemerhati dan sejumlah pakar ICT. Seusai sejumlah sambutan pokok disampaikan, acara telah berlanjut dengan suatu penanda-tanganan nota kesepahaman tentang Gerakan Nasional Internet Sehat dan Aman oleh Menteri Kominfo, Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Sekjen Kementerian Agama dan Staf Ahli Menteri Pendidikan Nasional Bidang Kerjasama Internasional. Komitmen Gerakan Nasional Internet Sehat dan Aman tersebut kemudian dideklarasikan bersama oleh Menteri Kominfo, Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Sekjen Kementerian Agama dan Staf Ahli Menteri Pendidikan Nasional Bidang Kerjasama Internasional serta perwakilan dari KOWANI, Tim Penggerak PKK, KPAI, Ketua PP Muslimat NU, Yayasan Kita dan Buah Hati, MUI, PGI, WALUBI, DGI, Parisada Hindu Dharma, KNPI, Kwarnas, AWARI, APJII, PGRI, BEM dan OSIS.

Maksud Rakornas ini adalah untuk mensosialisasikan penggunaan internet secara sehat dan aman ke berbagai kalangan sehingga internet dapat memberi manfaat dan nilai tambah bagi masyarakat. Sedangkan tujuannya adalah untuk merumuskan kebijakan yang tepat dan komprehensif, langkah-langkah strategis, dan rencana aksi yang kongkrit untuk mempercepat pelaksanaan Gerakan Nasional Internet Sehat dan Aman. Adapun sasarannya adalah terciptanya rumusan kebijakan yang komprehensif dan penetapan langkah-langkah strategis untuk gerakan nasional internet sehat dan aman. Selain itu juga dengan sasaran bagi terlaksananya koordinasi yang interaktif dan berkelanjutan antara Kementerian Kominfo dan para pemangku kepentingan (stakeholders), instansi pemerintah pusat, serta pemerintah Daerah (melalui Dinas/Badan Infokom Provinsi, Kabupaten dan Kota) dalam implementasi gerakan nasional internet sehat dan aman.

Melalui Rakornas ini, Kementerian Kominfo dan berbagai instansi pemerintah lainnya yang terkait bersama komunitas TIK yang peduli terhadap dampak negatif penggunaan internet merancang program yang diberi nama Gerakan Nasional Internet Sehat dan Aman yang bersifat sosialisasi dan memberikan pencerahan kepada masyarakat mengenai arti pentingnya penggunaan internet secara sehat dan aman.

Program Sosialisasi Internet Sehat dan Aman ini menjadi salah satu agenda yang penting mengingat pertumbuhan internet di Indonesia yang sangat pesat dan telah menjadi gaya hidup bagi sebagian besar penduduk Indonesia.

Maraknya kejahatan di dunia maya seperti penyebaran virus (termasuk adware, spyware, malware), berita bohong (hoax), kekerasan online, penipuan, pencurian data, penculikan maupun penyebaran foto/video pribadi merupakan bukti nyata bahwa pengguna internet harus memiliki pengetahuan yang cukup tentang bahaya dan antisipasinya agar tidak menjadi korban kejahatan di dunia maya.

Sumber: http://kask.us/5711432

2 komentar:

Anonim mengatakan...

ane ikut dukung gan... :D

[M]ila mengatakan...

aq jg ikutan,,hhe..