Latest News

Fungsi dan Kegunaan Microsoft Silverlight

Fungsi dan Kegunaan Microsoft SilverlightMicrosoft Silverlight adalah kerangka aplikasi untuk menulis dan menjalankan aplikasi Internet, dengan fitur dan tujuan yang sama dengan Flash Player salah satu produk keluaran dari Adobe.

Lingkungan run-time untuk Silverlight tersedia sebagai plug-in untuk web browser yang berjalan di bawah Microsoft Windows dan Mac OS X. Sementara versi awal Silverlight difokuskan pada media streaming, versi saat ini mendukung multimedia, grafik dan animasi, dan memberikan dukungan untuk pengembang bahasa CLI dan alat pengembangan. Silverlight juga merupakan salah satu dari dua platform pengembangan aplikasi untuk Windows Phone.

Selama sekitar lima tahun Microsoft telah merilis lima versi: Versi pertama dirilis pada tahun 2007, dan versi terbaru dirilis pada tanggal 8 Mei 2012. Hal ini kompatibel dengan beberapa web browser yang digunakan pada sistem operasi Microsoft Windows dan Mac OS X, dan dengan perangkat mobile menggunakan Windows Phone dan Symbian (Seri 60).

Sebuah implementasi software gratis bernama Moonlight, yang dikembangkan oleh Novell bekerja sama dengan Microsoft, dan tersedia untuk membawa versi Silverlight 1 dan 2 yang berfungsi untuk Linux, FreeBSD dan platform open source lainnya, meskipun beberapa distribusi Linux tidak menyertakannya, mengutip redistribusi dan masalah paten.

Silverlight menyediakan sistem modus grafis mirip dengan Windows Presentation Foundation (WPF), dan mengintegrasikan multimedia, grafik, animasi dan interaktivitas ke dalam lingkungan run-time tunggal. Dalam aplikasi Silverlight, user interface dideklarasikan dalam Aplikasi Extensible Markup Language (XAML) dan diprogram menggunakan subset dari .NET Framework. XAML dapat digunakan untuk menandai grafis vektor dan animasi. Silverlight juga dapat digunakan untuk membuat Windows Sidebar gadget untuk Windows Vista.

Silverlight mendukung H.264 video, Advanced Audio Coding, Windows Media Video (WMV), Windows Media Audio (WMA) dan MPEG Layer III (MP3), didukung di semua browser tanpa memerlukan Windows Media Player, Windows Media Player ActiveX control atau Windows Media Browser plug-in. Karena Windows Media Video 9 adalah sebuah implementasi dari Society of Motion Picture dan Television Engineer (SMPTE) VC-1 standar, Silverlight juga mendukung VC-1 video. Menurut perjanjian lisensi pengguna akhir VC-1 dan H.264 hanya lisensi untuk "penggunaan pribadi dan konsumen non-komersial".

Silverlight, sejak versi 3, mendukung pemutaran video H.264. Silverlight memungkinkan untuk dinamis beban Extensible Markup Language (XML) konten yang dapat dimanipulasi melalui Document Object Model antarmuka (DOM), suatu teknik yang konsisten dengan teknik Ajax konvensional. Silverlight mengekspos objek Downloader yang dapat digunakan untuk men-download konten, seperti script, aset media atau data lain, yang mungkin diperlukan oleh aplikasi [13]. Dengan versi 2, logika pemrograman dapat ditulis dalam. NET bahasa, termasuk beberapa turunan umum bahasa pemrograman dinamis seperti IronRuby dan IronPython.

Disadur dari berbagai sumber.

Tidak ada komentar: