Latest News

Cara Mengatasi Laptop yang Lambat/Lemot

Cara Mengatasi dan Memperbaiki Laptop yang Lambat atau Lemot | Cara Mempercepat Kinerja laptop | Anda mungkin merasa laptop Anda berjalan menjadi lebih lambat dari waktu ke waktu. Mungkin ada banyak alasan untuk ini, termasuk spyware dan virus, banyaknya proses start-up, dan banyaknya program baru yang terinstal.

Untungnya, ada sejumlah hal yang dapat Anda lakukan untuk mengembalikan kinerja yang cepat pada PC Anda yaitu:

1. Back up PC Anda sebelum mencoba untuk men-tweak performa. Ini akan melindungi data Anda jika Anda secara tidak sengaja menimbulkan masalah pada konfigurasi komputer Anda ketika mencoba untuk memperbaikinya. Untuk membuat cadangan file Anda, klik "Start" dan kemudian "All Programs", "Accessories", "System Tools", dan "Backup".

2. Hapus semua program yang tidak perlu yang mungkin memperlambat komputer Anda. Klik "Start" kemudian "Control Panel", dan "Add or Remove Programs". Gulir ke bawah daftar program yang diinstal dan klik pada tombol "Remove" di samping program yang anda tidak ingin gunakan. Hal ini dapat mencakup software gratis yang tidak pernah Anda gunakan, atau program yang Anda pernah digunakan tetapi tidak diperlukan lagi. Jangan hapus program jika Anda tidak yakin tentang fungsinya.

3. Jalankan tool Disk Cleanup untuk membuang file yang tidak dibutuhkan lainnya yang mungkin mengisi hard drive Anda. Lakukan ini dengan mengklik dua kali pada ikon "My Computer" pada desktop Anda, kemudian klik kanan pada "Local Disk" kemudian pilih bawah tab "General" "Properties.", Klik tombol "Disk Cleanup". Tool Disk Cleanup akan memeriksa hard drive anda dan menawarkan daftar file yang tidak penting yang dapat dihapus. Centang kotak di sebelah jenis file yang ingin Anda hapus, lalu klik "OK" ini dapat membebaskan beberapa gigabyte dari ruang disk.

4. Defragment hard drive Anda. Untuk melakukannya, buka "My Computer", "Local Disk", dan "Properties" seperti yang dijelaskan di atas, dan kemudian pada tab "Tools", klik "Defragment Now" pada jendela Disk Defragmenter. Pilih hard drive anda dan klik "Defragment". Ini akan menempatkan bagian yang menyatu dari file Anda dekat satu sama lain pada hard disk, yang mempercepat waktu komputer membaca.

5. Menonaktifkan beberapa program yang mulai berjalan secara otomatis ketika Anda menghidupkan komputer Anda. Meskipun beberapa dari program ini penting dan tidak boleh disentuh (seperti anti-virus), dan program yang bagi anda tidak perlu untuk dijalankan. Klik "Start" dan kemudian "Run", lalu ketik "msconfig" dan tekan "Enter". Periksa program-program di bawah tab "Startup", dan hapus centang pada kotak di samping program-program yang tidak penting. Hati-hati untuk memilih, centang hanya program-program yang Anda yakin tidak perlu saat start-up (seperti pemutar musik). Jika Anda ragu dengan tujuan program, biarkan saja.

6. Periksa memori RAM laptop Anda dan pertimbangkan untuk diupgrade. Hal ini dapat meningkatkan performa komputer Anda secara dramatis. Klik kanan icon "My Computer" dan kemudian klik pada tab "General" "Properties". Dan perhatikan jumlah RAM yang Anda miliki di bagian bawah jendela. Jika ini kurang dari 1G, Anda mungkin ingin membeli lebih banyak RAM dan menambahkannya ke laptop Anda. Biasanya ada removable panel di bagian bawah laptop dimana RAM baru dapat ditambahkan. Namun, Anda harus mengetahui jenis RAM yang kompatibel dengan komputer Anda, serta cara yang benar untuk menginstalnya. Jika Anda tidak yakin cara menginstal RAM atau jenis RAM untuk membeli, bawa komputer Anda ke seorang profesional untuk memiliki RAM yang terpasang.

Tidak ada komentar: