Latest News

Mengapa Social Networking Digemari?

Tak dipungkiri popularitas situs jejaring sosial (social networking) seperti Facebook dan MySpace, Hi5 , dan yang paling populer di Indonesia yaitu Friendster mampu menghipnotis jutaan orang di dunia maya. Website jejaring sosial ini seperti sudah menjadi kebutuhan bagi para penggunanya untuk menjalin komunikasi dengan teman-teman, keluarga bahkan rekan bisnis.

Beberapa psikiater dari UCLA mencoba mencari tahu tentang motivasi pengguna internet untuk menjadi anggota situs tersebut. Para psikolog itu berpendapat bahwa para mahasiswa pengguna Facebook dan MySpace mencoba untuk menunjukkan identitas aslinya kepada ratusan teman yang terhubung dengannya. Keinginan untuk memunculkan jati diri yang sebenarnya juga mempengaruhi perkembangan kehidupan nyata seorang anggota Facebook, Hi5, MySpace dan Friendster.

Studi yang dilakukan terhadap 11 mahasiswi dan 12 mahasiswa UCLA yang sering menggunakan MySpace secara berkala tersebut juga mengungkapkan para orang tua tidak pernah mengerti tentang fenomena Facebook, MySpace, Hi5 dan Friendster. "Orang dapat menggunakan situs jejaring sosial dengan memposting gambar atau teks sesuai dengan keinginannya sebagai bentuk ekspresi", kata psikolog UCLA, Adriana Manago seperti dilansir Big News network, Kamis (20/11/2008).

Menurut Manago, situs jejaring sosial membuat generasi muda mengekspresikan diri sesuai yang mereka inginkan sehingga dapat mempengaruhi perkembangannya. "Dalam kehidupan sosial kita selalu menginginkan yang terbaik, dan situs jejaring sosial membawa kita ke dalam suatu level baru dimana kita bisa mengubah tampilan pada diri kita, mengubah wajah dengan Photoshop, dan mampu mengeksplorasi kehidupan kita secara virtual," ujarnya. Selain itu, Manago menambahkan, ekspresi yang ditunjukkan seorang anggota setia, yakni pengunjungsitus jejaring sosial itu sendiri. Untuk itulah, anggota Facebook, MySpace, Hi5, dan Friendster berusaha menampilkan sesuatu yang berbeda untuk mendapatkan komentar-komentar mengenai dirinya.

Dikutip sebagian dari OkeZone

2 komentar:

info24u mengatakan...

social network digemari mungkin karena sudah menjadi trend masa kini..

clickdana mengatakan...

mungkin digemari karena banyak menemukan teman-teman lama..