Latest News

1,5 Juta Akun Facebook Curian Dijual!

akun facebook hasil hack dijual, parah!Jakarta - Seorang penjahat cyber mengaku telah berhasil mencuri username dan password dari sekitar 1,5 juta akun Facebook. Deretan akun tersebut pun coba ditawarkan di forum online bawah tanah.

Lembaga analis VeriSign iDefense menyatakan, pelaku dikenal dengan nama Kirllos. Ia menjajakan akun-akun colongan ini dengan beragam harga, mulai dari US$ 25 hingga US$ 45 untuk 1.000 akun.

"Untuk saat ini sepertinya Kirllos sudah menjual hampir 700 ribu akun," menurut Rick Howard, Director Cyber Intelligence VeriSign. VeriSign sendiri masih belum memastikan apakah jutaan akun yang diperjualbelikan oleh Kirllos itu asli atau tidak. Hanya saja yang pasti, pencurian password dan username di akun sebuah situs jejaring sosial sangat mungkin terjadi. Namun jika jumlahnya sudah massal, tentu ini merupakan suatu ancaman yang serius.

Kirllos diprediksi memanfaatkan suatu program jahat untuk mencuri informasi sensitif pengguna. Misalnya, dia menyebarkan suatu link ke akun sembarang orang. Nah, di dalam link tersebut biasanya akan tersembunyi program jahat atau virus yang mengintai calon korban.

Alhasil, ketika diklik, virus itu langsung menyebar ke komputer pengguna dan mulai bekerja menjalankan misinya untuk mencari informasi-informasi pribadi untuk kemudian dikirimkan kembali ke tuannnya.

Facebook sendiri saat ini telah memiliki lebih dari 400 juta pengguna di seluruh dunia. Jika aksi pencurian cyber ini terus berlanjut, pastinya ini akan menjadi mimpi buruk bagi setiap pengguna Facebook.

Dan bagi si penyedia layanan -- Facebook cs. -- pun sejatinya sudah harus memiliki langkah strategis untuk menangkal pembobolan tersebut. Jika tidak, user bisa takut untuk bermain di situsnya.

Source: detikinet

5 komentar:

Anonim mengatakan...

kacau deh kalo gini!! jangan sampe punya gue di hack neh...!!

zee mengatakan...

Hmm..
pencurian identitas sudah biasa di luar negeri ya, otak2 licik paling pinter kalo masalah2 colong2an hehee,,,,

sman1ngunut mengatakan...

sangat membahayakan itu,, kita harus membuat program yang mampu menghancurkan program jahat itu.

Anonim mengatakan...

bahaya jg nehhhh kita penguna facebook hrs waspada nehhhhh

Peluang Bisnis Internet mengatakan...

iya neh, akun fb sy jg pernah ada yg ngehack. akhirnya bikin lg aza...