Latest News

Wanita Malaysia Tertipu Rp 3 Miliar di Facebook

Wanita Malaysia Tertipu Rp 3 Miliar di FacebookMalaysia - Penipuan online via Facebook kembali terjadi. Tidak tanggung-tanggung, korban harus menanggung kerugian sejumlah USD366 ribu atau sekitar Rp 3 miliar melalui situs pertemanan tersebut!

Korban adalah seorang wanita warga negara Malaysia. Awalnya, dia berkenalan dengan seorang pria di Facebook. Sang pria mengaku berbangsa Inggris dan sedang membutuhkan uang.

Pelaku menyatakan pada korban bahwa dia memiliki kontrak senilai USD1,5 juta dengan perusahaan minyak Malaysia, Petronas. Namun dia harus membayar sejumlah uang sebelum mendapat uang jutaan dollar tersebut.

Barangkali merasa iba atau tergoda dengan bujuk rayu pelaku, korban yang tak teridentifikasi namanya itu bersedia menyumbangkan uang. Dalam beberapa transaksi, dia memberi total USD366 ribu pada pelaku.

"Korban membayar pada pria itu dalam beberapa transaksi. Dia iba mendengar cerita sang pria," ucap Datuk Wira Syed Ismail Syed Azizan dari Federal Commercial Crimes, dilansir ZDnet, Selasa (10/5/2011).

Akhirnya, korban sadar telah jadi korban penipuan. Segera ia lapor pada polisi setempat. Investigasi aparat berujung pada penangkapan enam tersangka. Mereka berasal dari tiga negara, Nigeria, Bangladesh dan warga Malaysia sendiri (fyk/wsh).

Tidak ada komentar: