Gallery

header ads

Apa Saja Keuntungan Menjadi Blogger?

Web saat ini dipenuhi dengan layanan blogging gratis dan penyedia layanan web hosting yang memungkinkan Anda untuk membuat blog dengan nama domain Anda sendiri yang hanya beberapa dolar per bulan.

Jika Anda ingin membangun aktivitas online untuk diri sendiri ataupun bisnis Anda, ada banyak cara sederhana untuk melakukannya. Namun, manfaat dari blogging jauh melampaui dari hanya untuk sekedar memiliki sebuah website. Blog juga bisa menjadi alat promosi yang efektif dan dapat dijadikan sebuah "karier" atau juga dapat menciptakan lapangan pekerjaan. Beberapa manfaat yang sering dirasakan oleh para blogger saat ini yaitu:

Menghasilkan uang
Sebuah blog dapat menghasilkan pendapatan dengan cara menampilkan iklan atau melalui kemitraan afiliasi dengan pedagang. Ini mungkin memakan waktu lama sebelum blog mulai menerima pengunjung yang cukup untuk menghasilkan pendapatan secara signifikan. Anda mungkin perlu memiliki ratusan halaman konten sebelum Anda mulai untuk mendapatkan lebih dari beberapa sen sehari. Namun, jika Anda berdedikasi, menjalankan blog Anda akhirnya dapat menjadi karir penuh-waktu. Beberapa blog Internet yang paling populer termasuk yang oleh The Huffington Post dan TechCrunch. Menurut Alexa.com, kedua blog ini 100 situs yang paling sering dikunjungi di AS.

Menjadi suatu Otoritas
Jika Anda menulis secara konsisten tentang topik tertentu, Anda akhirnya akan diakui sebagai otoritas pada subjek tersebut, dan blog Anda mulai menerima pengunjung biasa dan pemilik website lain mulai menghubungkan ke konten Anda. Ini dapat memiliki banyak manfaat. Sebagai contoh, sebuah blog produk yang populer dapat meninjau sebuah produk dari produsen untuk diuji, atau perusahaan mungkin meminta Anda untuk menjadi konsultan atau penasihat.

Berinteraksi dengan Masyarakat
Karena blog biasanya mengijinkan komentar dari pembaca, blog populer sering memiliki komunitas yang membentuk disekitar mereka. Seperti blog Anda tumbuh dalam popularitas, Anda mungkin mulai mengenal pembaca Anda seperti yang Anda lihat nama yang sama muncul di bagian komentar artikel Anda. Dengan cara ini, sebuah blog bisa menjadi alat yang memungkinkan Anda untuk bertemu orang yang berbagi minat Anda.

Kemudahan Setup
Banyak tool gratis seperti Wordpress ataupun Blogger.com yang memungkinkan untuk membuat blog tanpa dituntut harus menguasai pemrograman. Banyak penyedia web hosting dapat menginstal alat blogging di server Anda secara otomatis.

Promosi Bisnis
Sebuah blog dapat menjadi tambahan promosi yang sangat baik untuk sebuah website bisnis. Jika Anda memiliki website bisnis yang mengalami kesulitan menarik pengunjung, pertimbangkan untuk menambahkan blog ke situs web dan penerbitan konten informasi yang terkait dengan industri bisnis Anda. Konten tambahan ini akan membantu website Anda mencapai peringkat di search engine untuk kata kunci berbeda. Seorang pengunjung yang menemukan konten yang bemanfaat baginya, kemungkinan akan kembali ke blog tersebut di masa depan dan akan menjadi pelanggan. Selain itu, karena mesin pencari menempatkan nilai tinggi pada situs dengan banyak link masuk, bagian bisnis website akan meningkat dalam peringkat untuk kata kunci utamanya sebagai webmaster mulai menghubungkan ke konten informasi.