Latest News

Cara Membuat Password di Excel

Cara Membuat Password di Excel 2007Salah satu cara melindungi file di Excel yaitu dengan memasang password pada file nya. Ada 3 Tempat dan fungsi yang berbeda untuk memasang password di Microsoft Excel 2007 yaitu pada file, sheet dan workbook.

1. Memasang Password Pada File
Fungsi dari memasang password di file adalah untuk melindungi file agar tidak bisa di edit atau tidak bisa dibaca/dibuka. Caranya yaitu:

  • Buka file yang akan dilindungi, klik Office Button, klik menu Save as
  • Jangan menekan tombol Save langsung, di sebelah tombol Save terdapat Menu Tools kemudian di klik menu General Options.
  • Isi password pada kolom Password to open untuk melindungi file agar tidak dapat dibaca/dibuka isinya, isi password di kolom Password to modify agar file tidak dapat diedit oleh pengguna lain.

2. Memasang Password pada Workbook
Fungsi dari memasang password di workbook adalah untuk melindungi struktur sheet agar tidak bisa menambah atau menghapus sheet, dan berfungsi juga untuk tidak bisa menampilkan sheet yang disembunyikan. Caranya yaitu:

  • Buka file yang akan dilindungi, klik menu Review (di deretan menu Home), klik menu Protect Workbook, dan klik Protect Structure and Windows
  • Isi password pada kolom Password dan klik OK

3. Memasang Password pada Sheet
Fungsi dari memasang password pada sheet adalah untuk melindungi setiap cell agar tidak bisa ditulis atau diisi oleh pengguna lain, selain itu fungsinya juga agar formula/rumus di excel tidak diketahui oleh pengguna lain. Caranya yaitu:

  • Buka file yang akan dilindungi, klik menu Review (di deretan menu Home), klik menu Protect Sheet, pilih format apa saja yang akan dilindungi, isi password pada kolom Password dan klik OK
  • Untuk membuat salah satu cell bisa diisi oleh pengguna lain setelah sheetnya di password yaitu pada menu review tadi, klik menu Allow User to Edit Ranges dan pilih cell yang boleh diisi oleh pengguna lain.
  • Untuk melindungi cell agar formulanya tidak dapat dilihat yaitu, klik kanan pada cell yang akan di hidden formulanya, kemudian klik Format Cell, pilih menu Protection, dan centang kolom Hidden

1 komentar:

Obat Kista Herbal mengatakan...

boleh nih,,biar data kita gak bisa dibuka ma orang lain,,hehe,,thanks ya