Latest News

Cara Mengakses Google Street View Indonesia

Cara Mengakses Google Street View Indonesia Layanan Google Street View kini sudah menyediakan rangkaian foto panoramik 3D empat kota di Indonesia, yakni Jakarta, Bogor, Surabaya dan Denpasar. Tak hanya itu, panorama bawah laut terumbu karang di kawasan Taman Nasional Pulau Komodo juga sudah bisa dinikmati.

Menurut keterangan Country Head Google Indonesia Rudy Ramawi, foto panoramik Street View di keempat kota tersebut sudah cukup mendetail dengan mencakup sekitar 90% tempat umum. Termasuk di antaranya difokuskan pada sejumlah lokasi pariwisata di keempat kota tersebut.

Lalu bagaimana cara mengakses Google Street View Indonesia? Berikut kami sajikan caranya, Anda bisa menggunakan PC atau perangkat mobile.

1. Menggunakan PC

Bila menggunakan PC (desktop komputer atau laptop), Anda hanya perlu mengakses layanan Google Maps di www.google.co.id/maps. Setelah itu Anda bisa melakukan pencarian lokasi seperti biasa di kolom pencarian dan tuliskan salah satu dari keempat kota yang disebutkan di atas. Jakarta contohnya.

Setelah itu Anda dapat mengarahkan cursor mouse ke bagian kanan bawah laman Google Maps. Di bagian tersebut terdapat akses ke menu Street View dengan meng-klik simbol berbentuk manusia berwana kuning. Setelah itu Anda hanya perlu mengarahkan simbol manusia tersebut ke wilayah yang ingin Anda lihat tampilan Street View-nya.

Menggunakan PC

Selain cara tersebut, terdapat pula cara lain yang lebih mudah. Seperti di awal, ketik pada kolom pencarian nama lokasi yang ingin Anda jelajahi. Setelah itu, di bagian kiri atas akan muncul pilihan menu, salah satunya adalah foto bertuliskan Street View di bawahnya. Klik bagian itu dan Anda sudah bisa mengakses tampilan Street View lokasi yang dipilih.

2. Menggunakan perangkat mobile (smartphone/tablet)

Google juga menyediakan akses Street View melalui perangkat mobile (smartphone atau tablet) bersistem operasi Android dan iOS. Cara mengakses Street View di perangkat mobile sama mudahnya dengan di PC.

Anda hanya perlu membuka aplikasi Google Maps, lalu ketik nama lokasi yang ingin Anda pilih. Jika sudah dimunculkan, tekan layar perangkat Anda pada lokasi yang dituju agak lama. Setelah itu akan muncul pin merah (dropped pin).

Secara otomatis nama lokasi yang Anda pilih akan muncul di bagian bawah layar dan akan muncuk pula menu berupa foto bertuliskan Street View. Tap menu tersebut dan tampilan Street View pun akan muncul layar perangkat mobile Anda.

Tidak ada komentar: