Latest News

Benarkah Facebook Haram untuk Digunakan??

Fatwa MUI tentang facebook haramMungkin sebagian besar dari pengguna Facebook sangat kaget ketika mendengar berita bahwa Facebook Haram untuk digunakan oleh Masyarakat Muslim terutama di Indonesia, apakah yang membuat Facebook dapat dikatakan haram digunakan?? Berikut kutipan berita yang dikeluarkan oleh Kompas.com, dengan judul Facebook Haram?.

BANJARMASIN, KOMPAS.com — Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kalimantan Selatan (Kalsel) Prof H Asywadie Syukur Lc berpendapat, keberadaan Facebook (salah satu sarana komunikasi lewat dunia maya) bisa haram dan tidak.

Mantan Rektor Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Antasari Banjarmasin itu nampaknya berhati-hati dalam mengeluarkan pendapat mengenai Facebook yang belakangan ramai menjadi pembicaraan di berbagai kalangan di Indonesia, demikian dilaporkan, Minggu (24/4).

"Kita tidak bisa memfatwakan Facebook itu haram atau sebaliknya, kecuali melihat kontekstualnya," kata alumnus Universitas Al Azhar Kairo Mesir itu.

Guru Besar IAIN Antasari tersebut mengingatkan tuntutan agama Islam, yang antara lain menyatakan, segala sesuatu tergantung atau bermula dari niat orang itu.

Sebagai contoh, pemanfaatan Facebook dalam rangka berkomunikasi guna menggali atau tukar ilmu pengetahuan yang bermanfaat bagi kemaslahatan umat, hal itu tidak bisa dibilang haram.

Namun, bila pemanfaatan Facebook untuk berkomunikasi dalam hal-hal yang terlarang, baik secara hukum positif di Indonesia, maupun menurut norma-norma Islam, maka penggunaan sarana tersebut bisa dikategorikan haram.

"Hal tersebut sama saja dengan kita memakai sepeda motor. Kalau tujuan baik dan benar, maka tak ada larangan menggunakannya, tapi sebaliknya, bila untuk tujuan negatif atau dimanfaatkan dalam melakukan perbuatan jahat, maka hukum Islam pun tak membolehkan," ujarnya.

"Jadi kalau saya pribadi melihat kedudukan Facebook itu haram atau tidak, maka akan kita lihat dari segi manfaat dan mudarat. Kalau manfaatnya lebih besar untuk kebajikan atau kemaslahatan umat, maka pemanfaatan Facebook bagi kaum Muslim boleh-boleh saja. Tapi sebaliknya jika negatif, maka itu haram," ungkap Asywadie Syukur.


Melihat dari berita diatas dapat kita simpulkan bahwa penggunaan Facebook itu bisa menjadi manfaat atau malah sebaliknya. Untuk itu silahkan sobat isi Polling dibawah ini apakah Facebook bermanfaat atau merugikan pemakainya.


 Facebook Haram 
Bagaimana Menurut Anda Tentang Facebook??
Sangat Merugikan
Merugikan
Biasa-biasa Saja
Tidak Punya Akun Facebook
Menguntungkan
Sangat Menguntungkan

8 komentar:

Kharianto mengatakan...

Wah gimana nih, malah lg asyik2nya maen fesbuk lg,,,? begitu mudahnya para ulama menyebutkan kata haram terhadap sesuatu, sama hal nya seperti merokok,,,!!! apa di alquran ada larangan tentang fesbuk,,,?? hihihi,,,

Rinto mengatakan...

klo menurutku benar kata sobat tergantung dari pribadi masing2...lebih byk sisi kebaikan atau keburukan dlm penggunaannya...ko aku lbh bnyk manfaatnya cos dr FB aku bisa diskusi dg teman2 seprofesiku, dr sanalah aku dpt ilmu2 baru yg semasa kuliah belum aku dapatkan

Jauhari mengatakan...

Wooi... sudah baca artikelnya baik-baik belum... Nggak ada disebut fatwa haram di artikel itu... Jadi apa yang diributkan? Aya-aya wae...

KlikDana mengatakan...

Saya setuju sama sobat kharianto n Rinto...tapi sebenarnya masih dibahas apakah Facebook itu haram atau ga...

aduh sobat jauhari,, ga ada yang mau ngeributin masalah ini koq... cuman mau tau apakah benar FB itu bermanfaat atau malah sebaliknya,, udah ikutan pollingnya blm??? yang lainnya juga harus voting yah... :D

#Bara mengatakan...

bener mas..halal-haram tergantung yg menggunakan. MUI kayak yg kurang kerjaan ya..he he..masih banyak masalah umat yang yg menuntut perhatian serius lebih dari pada meributkan soal FB. Info yg bgs mas..thanks.

wiyono mengatakan...

good night...
the content your blog is very good. information in this blog will give new inspiration to everybody, to continue your activity and your creativity....greet to recognize from blogger beginner
give happiness with give your comments and follower
good night...

GONDES mengatakan...

wah makin heboh aja nihh pacebuk

Catatan Ngeblog mengatakan...

Wah... telat comment nie...
klo aku mah ragu-ragu aja...